Konvergensi Media = Penggabungan Media

     Saat ini perkembangan teknologi berkembang dengan pesat bersamaan dengan perkembangan zaman.  Begitu pula dengan perkembangan media massa pada saat ini yang dari waktu ke waktu mengalami perubahan yang sangat pesat. Dari perubahan tersebut kemudian memunculkan suatu tuntutan dari publik sehingga media harus memberikan suatu inovasi yang baru kepada masyarakat. Masyarakat sekarang ini membutuhkan informasi dan pengetahuan yang sangat cepat. Mereka ingin tahu, bagaimana perkembangan dunia yang berubah setiap menitnya. Ini merupakan tantangan tersendiri bagi media massa, untuk menyediakan informasi kepada masyarakat secara cepat dan up to date.
 
      Pemenuhan informasi tersebut juga harus didukung dengan teknologi-teknologi mutakhir. Maka dari itu, sekarang ini, sebagai jalan tengah, media massa membuat satu terobosan baru, bernama ’Konvergensi Media’. Konvergensi media ini diartikan sebagai penggabungan media dalam bentuk yang lama (tradisional) dengan media dalam bentuk yang baru, membentuk sebuah media yang lebih baru.Kata “konvergensi” sering digunakan untuk merujuk ke berbagai proses yang berbeda, sehingga terkadang menimbulkan kebingungan. Konvergensi media adalah penggabungan atau menyatunya saluran-saluran keluar (outlet) komunikasi massa, seperti media cetak, radio, televisi, Internet, bersama dengan teknologi-teknologi portabel dan interaktifnya, melalui berbagai platform presentasi digital. Dalam perumusan yang lebih sederhana, konvergensi media adalah bergabungnya atau terkombinasinya berbagai jenis media, yang sebelumnya dianggap terpisah dan berbeda (misalnya, komputer, televisi, radio, dan suratkabar), ke dalam sebuah media tunggal. 
 
         Untuk memudahkan maksud dari Konvergensi Media ini maka salah satu contoh yang saat ini ada disekitar kita adalah perkembangan teknologi mobile yaitu handphone. Dimana handphone yang pada zaman dahulu hanya digunakan untuk menelepon dan malakukan pesan singkat kini sudah beragam fungsinya. Saat ini handphone bisa memiliki fungsi kalkulator, juga bisa untuk menonton siaran TV, mendengarkan siaran radio, membaca suratkabar online, menerima dan mengirim e-mail, browsing, chatting, memotret, merekam suara, merekam gambar video, selain tentunya untuk menelepon dan mengirim SMS. Penggabungan dari seperangkat alat yang berbeda dan menjadi satu itu yang dinamakan konvergensi media.
 
     Dengan adanya konvergensi media ini tentunya membantu kinerja semua orang termasuk seorang Public Relations yang diharuskan menjalin relasi dengan berbagai pihak. Dalam hal ini konvergensi media dapat mempermudah kerja PR sehingga dapat mendukung pekerjaan secara efektif dengan menghemat waktu dan biaya. Seorang PR harus selalu bisa memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya karena dengan konvergensi media ini seorang PR akan dengan mudah mendapatkan maupun memberikan informasi mengenai apapun yang diperlukan demi meningkatkan citra perusahaan dimana dan kapan saja ia mau.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 17 Desember 12 - 01:18 WIB
Dalam Kategori : KONVERGENSI, MEDIA, PR
Dibaca sebanyak : 775 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback